PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SACA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IXB SMP NEGERI 1 SELEMADEG BARAT TAHUN PELAJARAN 2019/2020

  • I GEDE SUASTA SMP Negeri 1 Selemadeg Barat
Keywords: SACA, Aktivitas dan hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas, hasil belajar dan respon siswa melalui Penerapan Model Pembelajaran SACA sebagai upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA Siswa Kelas IXB SMP Negeri 1 Selemadeg Barat tahun pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan dua siklus, yang masing-masing terdiri dari empat tahap: perencanaan, tindakan, observasi/evaluasi dan refleksi. Masing-masing siklus dilaksanakan dalam empat kali pertemuan. Adapun subjek penelitian ini adalah siswa kelas IXB yang memiliki masalah dengan rendahnya keaktifan siswa dalam pembelajaran yang berdampak pada rendahnya hasil belajar. Data aktivitas siswa dikumpulkan dengan lembar observasi, hasil belajar siswa dikumpulkan dengan tes hasil belajar dan data respon siswa dikumpulkan dengan angket respon siswa. Data penelitian dianalisis dengan analisis deskriptif. Hasil analisis menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran SACA mengalami peningkatan. Nilai rata-rata aktivitas pada siklus I 58,23 berada pada katagori cukup aktif meningkat menjadi 74,52 katagori aktif pada siklus II. Demikian pula nilai rata-rata hasil belajar siswa pada pra PTK 63,21 meningkat menjadi 69,00 pada siklus I dan 79,25 pada siklus II (KKM=65). Ketuntasan belajar siswa juga mengalami peningkatan yaitu pada pra-PTK hanya mencapai 68,75%. Selanjutnya pada siklus I ketuntasan yang dicapai siswa meningkat menjadi 81,25%, dan pada pada siklus II ketuntasannya 93,75%. Hasil analisis respon siswa terhadap model pembelajaran SACA memperoleh rata-rata 60,75 (katagori sangat positif). Bertitik tolak dari temuan penelitian ini disarankan agar model pembelajaran SACA dapat diterapkan pada kelas yang memiliki masalah yang serupa dengan kelas IXB SMP Negeri 1 Selemadeg Barat tahun pelajaran 2019/2020 dipertimbangkan untuk diterapkan dalam pembelajaran IPA, dalam upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Published
2021-05-05