DIGITAL MARKETING UKM PENGOLAHAN KOPI DI PUPUAN PADA ERA PANDEMI COVID-19

  • MADE PUTRI ARIASIH Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tabanan
  • I WAYAN TERIMAJAYA Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tabanan
  • NI LUH LAKSMI RAHMANTARI Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tabanan
Keywords: digital marketing, pemasaran, UKM, pandemi covid-19

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah melihat pengaruh langsung dari digital marketing terhadap pemasaran UKM pengolahan kopi di Pupuan saat situasi pandemi covid-19. Perubahan perilaku konsumen akibat pandemi menyebabkan UKM pengolahan kopi di Pupuan harus melakukan pemasaran secara digital dan meninggalkan cara konvensional. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan mengambil sampel sebanyak 50 orang yang terdiri dari pemilik dan manajer UKM pengolahan kopi di Pupuan yang telah melakukan digital marketing selama pandemi. Alat analisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah SPSS. 25.0. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa digital marketing memberikan efek yang positif dan signifikan secara parsial terhadap pemasaran UKM pengolahan kopi di Pupuan.

Published
2021-05-06